Urip ki Mung Mampir Ngombe

“Urip ki mung mampir ngombe” itu kata pakde saya waktu ngumpul bersama keluarga. Dan ini merupakan kalimat nasehat yang artinya hidup itu hanya numpang minum. Ya minum untuk melepaskan dahaga sesaat dan untuk minum tidak membutuhkan waktu lama, kecuali kita minum es kacang merah plus empek-empek pasti lama ya..hehehe.. Ya memang hidup ini sangat singkat ketika sadar tak banyak amal perbuatan yang kita miliki yang akan jadikan bekal di akherat. Semakin cepat hari berganti semakin pendek saja jatah umur kita, Tapi kalau ulang tahun ucapannya selamat panjang umur ya? itu make a wish ya.. Amin. Nulis gini kok jadi sudah berasa tua banged! Maksud hati sih sebagai pengingat diri saya. Agar tidak selalu mengejar yang namanya kesenangan dunia..Alhamdulillah hidup saya sederhana saja, walaupun masih banyak yang saya inginin tapi mudah-mudahan selalu ingat untuk mengejar akherat. Berusaha memperbaiki diri setiap hari jauhi sifat yang kita tahu itu adalah dosa, semata-mata ibadah.

Banda donya golekana,Metu dalan sing prayoga,Jangan medhit untuk hidup cukup saja Sing akherat ya perlokna.Aja dumeh sugih banda, yen Pangeran paring lara,Banda akeh tanpa guna,Doktere mung ngreka daya.Uripmu sing ngati-ati Yen wis mati ora bali. Tuh kan pakde saya bilang. Jangan serakah, syukuri yang kita punya jangan banyak ngeluh, banyakin usaha agar hasilnya bisa buat ngejar akherat. Insya Allah pakde terima kasih, ini saya artiin sendiri kira-kira begitu.
Sharing dari Pakde Somodijoyo, Muntilan, pada suatu waktu.

Leave a Reply

