Tips Menggunakan Kartu kredit

Sekedar sharing, Saya punya pengalaman buruk dengan kartu kredit.Pertama punya kartu kredit kira-kira 1 tahun setelah bekerja. Waktu itu banyak sekali tawaran kartu kredit yang datang ke kantor-kantor. Sempet juga tidak tertarik tapi karena saat itu banyak teman yang pakai akhirnya tergoda juga. Kartu kredit pertama saya dari bank pemerintah ya, Waktu itu seneng juga ya enak punya kartu kredit kalau enggak punya uang sementara bisa gesek dulu nanti gajian bisa langsung bayar. Pada prakteknya itu cuma berjalan cuma beberapa bulan, setelah itu waduh enggak bisa kontrol. Saat itu senang banged jalan ke mall, lihat ini itu kepingin,akhirnya gesek sana gesek sini tidak terkontrol sampai akhirnya hanya bisa bayar minimum tagihan. Bisa kebayang deh itu bunga kartu kredit bergulung, semakin kecil yang kita bayarkan atau hanya minimum saja bunganya akan ikut berbunga. Stress, pasti! Ini berlangsung sampai menikah, Akhirnya suami saya menasehati, dan sepakat sama suami harus ditutup nih kartu. Dengan susah payah kita bayar tagihan yang menurut kantong kami cukup sangat lumayan. Karena kami harus benar-benar mengencangkan ikat pinggang, menunda kesenangan bahkan kami harus menahan diri tidak main ke mall. Akhirnya butuh waktu enam bulan kita bisa lunasin tagihan dengan cara ekstrim kita.Dan kartunya juga tidak kita tutup.

Tips yang saya pakai untuk melunasi hutang kartu kredit

  1. Membayar 50% dari total tagihan, atau kalau jumlah tagihan terlalu besar kita    bisa membaginya sesuai target kemampuan kita.
  2. Tidak membayar nilai minimum atau 10% dari tagihan,karena bunganya akan membebani tagihan bulan berikutnya.
  3. Usahakan membayar sebelum jatuh tempo agar tidak terkena bunga jika ingin melunasi.

Yang saya lakukan saat ini hanya merubah cara menggunakan kartu kredit:
Kartu kredit hanya digunakan bukan karena kami tidak punya uang, tapi karena tidak bawa uang cash. Juga membeli barang yang dibutuhkan saat ini, misalnyaada barang yang kami beli dan penagihannya baru kami bayar di bulan depan itu hanya memindahkan jadual belanja saja, jadi belanjanya diadvance dan kartu kredit diperlukan juga  untuk  yang sifat pembayarannya harus dengan kartu kredit. Usahakan juga membayar tagihan sebelum jatuh tempo jadi kita tidak kena bunga sebelum dibukukan ya. ini saja sharing saya, ada yang mau menambahkan?

One thought on “Tips Menggunakan Kartu kredit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s